HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Pemijahan Ikan Sepat

Pemijahan diawali oleh pembuatan gelembung udara busa di bawah jerami. Pembuatan sarang ini membutuhkan waktu sekitar 1—2 hari. Biasanya, gelembung udara (buih) yang terbentuk bergaris tengah 1,5—3 mm. Pada saat jantan membuat sarang, perangainya berubah menjadi galak dan tidak akan membiarkan ikan lain mendekati sarangnya, termasuk induk betina. Namun, begitu sarang telah selesai dibuat, perangainya akan berubah menjadi lemah lembut, terutama terhadap induk betina. Bermodalkan sarang busa tersebut, tidak sulit bagi induk jantan untuk memikat betina yang telah matang telur.

Telur-telur tersebut akan mengapung di bawah sarang busa karena induk jantan mengajak induk betina mengeluarkan telur di bawah sarang yang telah dibuatnya. Telur-telur yang telah dibuahi akan menetas setelah 2—3 hari sejak pembuahan. Setelah itu, induk jantan akan merawat telur dan larvanya. Larva yang baru menetas akan mendapatkan pakan cadangan dari kuning telurnya. Sampai hari ke-7, bibit ikan sepat akan memakan plankton yang ada dari hasil pemupukan.

Di dalam kolam pembuahan ini, telur-telur akan dibiarkan menetas dan larvanya tumbuh bersama dengan induknya hingga berumur 30 hari. Setelah itu, induk dipisahkan dari benih-benihnya, lalu dikembalikan ke kolam pemeliharaan, sedangkan benihnya dipelihara di kolam tersendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemijahan Ikan Sepat"

Posting Komentar