HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Membuat Keramba Ikan Menggunakan Jaring PE

Distributor Jaring PE Murah - Lim Corporation 

Berbudidaya menggunakan keramba jaring apung merupakan cara budidaya yang dapat dilakukan di laut, sungai atau di danau. Sebab kondisi air yang cukup tinggi dengan kualitas air yang cukup memadai untuk melakukan budidaya, maka keramba menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat untuk melakukan budidaya ikan.

Metode dari KJA ini menjadi sebuah sarana pembudidayaan ikan yang pembuatan kerangkanya dari bambu, kayu, pipa pralon atau dari besi dengan bentuk persegi dan diberi sebuah jaring serta pelampung agar keramba tersebut tetap terapung. Tujuan dari pemberian kerangka serta pelampung ini adalah untuk menahan jaring agar tetap terbuka di permukaan air.

Baca Juga :


Budidaya ikan keramba jaring apung
Ketika anda sedang melakukan budidaya ikan, Anda dapat melakukan dalam beberapa media, salah satunya yaitu media keramba jaring apung. Budidaya ikan dalam keramba jaring apung dapat dilakukan baik di area sungai yang dalam, danau, di atas kolam terpal, hingga di laut. Membudidayakan ikan dengan metode keramba jaring apung merupakan salah satu cara pembesaran ikan yang sangat efisien dan efektif.


Apabila anda mengelolanya dengan benar dan baik maka budidaya ikan di kerampa dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Peluang yang sangat baik ini bisa membuat lapangan pekerjaan untuk warga setempat juga.

Peralatan budidaya kerambang jaring apung
Umumnya ukuran untuk media pembesaran budidaya ikan keramba jaring apung yaitu sekitar 4 x 4 x 3 m3, dan berikut ini merupakan bahan untuk pembuatan keramba jaring apung dengan ukuran 4 x 4 x 3 m3 :

Pelampung
Pelapung ini terbuat dari bahan styrofoam atau drum, yang bentuknya silindris, jumlah pelampung minimal 8 buah per jaringnya.

Tali jangkar
Tali ini terbuat dari bahan polyetiline PE, panjangnya sekitar 1,5 kali kedalaman perairan, dengan jumlah sebanyak 5 utas per jaringnya, dengan diameter sekitar 0.75 inci.

Jangkar
Jangak terbuat dari bahan besi atau balok beton atau batu, berbentuk segi 4, beratnya minimal 40kg per buah sebanyak 5 buah per jaringnya.

Jaring PE
Untuk jaring yang satu ini terbuat dari bahan polyetiline atau sering sekali disebut dengan jaring PE, untuk ukuran mata jaringnya yaitu 1 inci, memilik warna hijau tua.

Penebaran benih budidaya ikan keramba jaring apung
Teknik untuk mensterilkan sebelum penebaran benih ikan, baiknya benih direndam dulu dalam larutan kalium pemanganat dengan konsentrasi sekitar 4 – 5 ppm sekitar 15 – 30 menit. Jangan lupa adaptasikan terlebih dahulu suhu benih pada kemasan ikan sama dengan suhu di keramba jaring apung dengan cara merendamnya dalam wadah kemasan benih ke keramba jaring apung selama 1 jam.

Baiknya proses penebaran benih dilakukan pada saat pagi hari agar ikan tidak mengalami stres atau kematian akibat perbedaan suhu tersebut. Benih yang ditebar berukuran 5cm – 8cm, beratnya sekitar 30gr – 50gr dan padat tebar 50 – 70 ekor/m3.

Pemeliharaan budidaya ikan keramba jaring apung
Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan keramba jaring apung hingga 4 bulan untuk ikan nila dengan tingkat kelangsungan hidup sebanyak 80%. Pemberian pakannya yaitu berupa pelet apung dengan dosis 3% – 4% dari bobot total ikan. Frekuensi saat pemberiannya yaitu 3 kali 1 dalam hari pada pagi, siang, dan sore hari.

Pengelolaan panen budidaya ikan keramba jaring apung
Pemanenan ikan sudah bisa dilakukan sesuai dengan permintaan pasar, namun umumnya ukuran panen pada kisaran 500gram/ekor. Proses pemanenan dilakukan saat pagi atau sore hari untuk mengurangi resiko kematian pada ikan. Penanganan ketika panen dilakukan dengan cara penanganan ikan hidup atau ikan yang segar.

Distributor Jaring PE Import
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Jaring PE untuk kolam keramba, untuk jaring lapangan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang terjangkau silakan hubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)


Customer Service : 
Telp           : 031-8830487
Mobile       : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email         : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Membuat Keramba Ikan Menggunakan Jaring PE"

Posting Komentar