HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Sukses Budidaya Ikan Kakap Putih, Cukup Dengan 4 Cara Saja!

Kakap putih ialah jenis ikan yang berpindah keluarga dari Latidae ke ordo Perciformes. Kakap putih ini menyebar luas di daerah Hindia-Pasifik Barat dimulai dari wilayah Asia Tenggara hingga ke Papua Nugini serta Australia Utara.



Berikut dipaparkan 4 cara mudah budidaya ikan kakap putih, penjelasannya sebagai berikut :

1) Pemilihan Lokasi
Lokasi/tempat budidaya yang ideal termasuk salah satu hal yang utama dalam menerapkan budidaya kakap putih. Seperti yang sudah Anda ketahui, ikan kakap ternyata mempunyai toleransi yang cukup tinggi pada salinitas.

Itu membenarkan bahwa kakap putih dapat bertahan hidup di beberapa perairan. Lahan budidaya ikan kakap bisa dikerjakan di kolam, tambak, maupun pinggiran pantai. Tingkat kualitas air pula tak kalah penting ketika budidaya kakap putih. Sebab kakap putih termasuk ikan tropis, jadi atur suhu kolam sekitar 27-32°C.

Kolam pemeliharaan pula jangan terlihat keruh. Kalau pemeliharaan dikerjakan pada pinggir laut, pastikan bila arus air tak begitu deras sebab bisa merusak kolam tambak.

2) Pendederan Bibit
Langkah pendederan bibit ini umumnya dikerjakan dengan memakai keramba apung ataupun hapa yang ukurannya kecil, semisal 1 x 1 x 1 meter. Bibit yang didederkan perlu memiliki ukuran sekitar 1,5-2 cm ataupun berusia 30-50 hari.

BACA JUGA

Tata Cara Budidaya Ikan Kerapu Dalam Keramba Jaring Apung Bagi Pemula

Tata Cara Budidaya Ikan Berdasarkan Teknologi Yang Digunakan

Tata Cara Berternak Ikan Mujair

Proses Pemijahan Berternak Ikan Manfish (Angelfish Scalare)

3) Pemberian Pakan
Kakap putih termasuk ikan karnivora yang memangsa makhluk hidup yang ukurannya lebih kecil. Karena itu, pakan diberikan pada ikan kakap bisa dikerjakan dengan memberikan pakan semisal ikan teri ataupun ikan rucah.

Kakap putih pula melahap hewan-hewan kecil semisal : cumi-cumi, planton, udang, serta ikan-ikan berukuran kecil lain. Kakap putih mempunyai ketahanan pada sistem mencerna kandungan protein dalam jumlah yang cukup besar ketimbang ikan lainnya.

Pakan dengan karbohidrat ataupun serat perlu dihindari sebab hal itu bisa mempengaruhi sistem pencernaan ikan. Kakap putih yang mengkomsumsi makanan yang alami, akan mempunyai cita rasa daging yang nikmat nan lezat daripada ikan yang diberikan pakan dengan pelet.

4) Cara Panen
Peralatan yang diperlukan guna memanen kakap putih adalah jala maupun serokan. Jangan memakai alat panen yang dapat menyakiti ikan maupun merusak ekosistem lingkungan semisal dengan obat kimia atau bom.

Cara yang salah bakal merusak hasil panen dari ikan kakap putih Anda. Cara panennya ada 2 cara, yakni panen total serta panen selektif. Panen secara selekif cuma memanen sebagian ikan kakap, jikalau panen total yakni memanen seluruh bagian hasil ikan kakap putih.

*Untuk Harga Jaring Kolam Apung Anda Bisa Langsung Cek DISINI

Sesudah melalui masa budidaya selama 1 tahun lebih, kakap putih yang telah mencapai bobot berkisar 500-1000 gram telah dapat dipanen. Kalau ikan melebihi ukuran 1 kg, jadi baiknya bila ikan kakap tersebut dijadikan sebagai ikan indukan. Tak sulit bukan? Mari mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sukses Budidaya Ikan Kakap Putih, Cukup Dengan 4 Cara Saja!"

Posting Komentar