HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cukup Dengan 7 Cara Saja, Budidaya Ikan Mas di Kolam Tanah Anda Akan Berhasil


Ikan mas atau sering disebut juga Ikan karper yang memiliki nama latin yaitu Cyprinus carpio ialah ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis paling penting serta telah tersebar merata secara luas di negara Indonesia.

1. Perbaikan Kolam

Bersihkan sisa-sisa gulma yag ada atau rerumputan yang menjalar dan masuk ke area kolam, serta rumput yang sudah tebal di galengan sekitar area kolam lebih baik di bersihkan dahulu dengan cara pembersihannya bisa di kerjakan dengan menggunakan pacul.

2. Pengeringan Kolam

Setelah tahap di atas telah rampung langkah berikutnya yakni pengeringan pada dasar kolam, pengeringan kolam bisa di kerjakan pada jangka waktu sekitar 1 minggu lebih, hal tersebut harus dikerjakan untuk menetralkan tanah serta membuang sisa gas-gas berbahaya yang ada di kolam serta berguna supaya membasmi hama serta telur dan ikan penggangu semisal : ikan sepat, ikan gabus, yuyu, ular dan juga kadut.

3. Pemupukan Kolam

Pupuk perlu di sebar dengan merata, untuk dosis pupuk yang disarankan ialah sekitar 60 gram meter per persegi tersebut tinggal di x (kali) saja persis dengan luas kolam. Pupuk diberikan ini berguna agar menyuburkan tanah pada kolam. Untuk tanah yang didiberikan pupuk kelak bakal menumbuhkan hama kutu air yang semakin hari semakin tumbuh.

Baca Juga
Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal 
Pemijahan Ikan Sepat 
Pembuahan dan Indukan Ikan Nilem 
Kekuatan Pengembangan Budidaya Ikan Jambal Siam

4. Penggenangan Air

Sesudah kolam diberikan kapur serta pupuk serta telah di diamkan sekitar 1 minggu pada tahap pengeringan, tahap berikutnya yakni penggenangan air, caranya bisa dikerjakan secara bertahap. Mula-mula, genangi dulu dasar kolam menggunakan air dengan tinggi sekitar 10-15 cm. Serta untuk kedalaman air bisa diukur dengan adanya sinar matahari yang masih dapat menembus didasar kolam. Maka, berbagai jenis tanaman serta hewan dapat berkembangbiak.

5. Pemeliharaan Larva

Perawatan pada ikan mas membutuhkan waktu yang lumayan lama oleh sebab itu Anda perlu memberikan benar-benar perlakuan yang cukup baik pada perawatan larva tadi, maka berkembang jadi berkualitas serta tentunya sehat. Pada pemeliharaanya Anda perlu memeriksa tinggi volume permukaan air pada kolam perawatan larva yakni volume air sekitar antar 20-30 cm bergantung juga di bak yang dipakai.

6. Pemberian Pakan

Pakan ikan bisa dibagi menjadi 2 bagian yakni pakan alami serta pakan buatan, pakan alami yakni pakan yang terbentuk dengan alamiah daripada pakan buatan ialah pakan yang dibuatkan oleh manusia menggunakan bahan serta komposisi yang khsusu dan sesuai dengan keperluan ikan.

7. Masa Panen

Cara pemanenan ikan mas, biasanya ialah dengan tahap menyurutkan dahulu air kolam dengan perlahan, yakni dengan membukakan pintu keluarnya air serta menutup paralon masuk tutup air. Supaya bibit ikan mas tak terbawa oleh arus air, dibagian pintu keluarnya air itu dipasangi seser. Selagi menunggu air kolam akan surut, bibit bisa ditangkap langsung secara sedikit-sedikit dengan memakai seser.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cukup Dengan 7 Cara Saja, Budidaya Ikan Mas di Kolam Tanah Anda Akan Berhasil"

Posting Komentar