HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Sukses Budidaya Ikan Pada Keramba Jaring PE

Jual Jaring PE Harga Pabrik - Lim Corporation

Berbudidaya menggunakan keramba jaring apung yaitu cara budidaya yang dapat dikerjakan di laut, sungai ataupun di danau. Karena kondisi air yang cukup tinggi dengan kualitas air yang cukup memadai untuk melakukan budidaya, maka keramba menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melakukan budidaya.

Budidaya dengan metode KJA ini merupakan sebuah sarana pembudidayaan ikan yang pembuatan kerangkanya dari bambu, kayu, pipa pralon ataupun dari besi dengan bentuk persegi dan diberi jaring serta pelampung agar keramba tersebut tetap terapung. Tujuan dari pemberian kerangka serta pelampung ini untuk menahan jaring supaya tetap terbuka di permukaan air.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Budidaya ikan keramba jaring apung
Saat budidaya ikan, Anda dapat melaksanakannnya dalam beberapa media, salah satunya yaitu media keramba jaring apung. Budidaya ikan dalam keramba jaring apung bisa dikerjakan baik di sungai yang dalam, danau, di atas kolam terpal, sampai di laut. Membudidayakan ikan dengan metode keramba jaring apung yaitu salah satu cara pembesaran ikan yang sangat efisien dan efektif.

Walaupun dengan lahan media yang tidak luas, kita bisa melipat gandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang sangat besar. Dengan memakai pola tersebut memang akhirnya akan berdampak pada biaya tinggi akan tetapi keuntungan yang diperoleh pun pastinya lebih tinggi juga.

Baca Juga :


Jika Anda mengelolanya dengan benar bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat besar juga pastinya. Peluang yang baik ini bisa membuat lapangan pekerjaan bagi warga setempat.

Peralatan untuk budidaya kerambang jaring apung
Umumnya ukuran media untuk pembesaran ketika budidaya ikan keramba jaring apung yaitu sekitar 4x4x3 m3, dan berikut ini bahan untuk pembuatan keramba jaring apung dengan ukuran 4x4x3 m3 :

- Pelampung
Terbuat dari bahan styrofoam atau drum, bentuknya silindris, jumlah pelampung minimal 8 buah per jaring.
- Tali Jangkar
Terbuat dari bahan polyetiline (PE), panjang sekitar 1,5 kali kedalaman perairan, jumlah sebanyak 5 utas per jaring, dengan diameter sekitar 0.75 inci.
- Jangkar
Jangak bisa dari bahan besi atau balok beton atau batu, berbentuk segi 4, berat minimal 40kg/buah sebanyak 5 buah per jaring.
- Jaring
Untuk jaring ini terbuat dari bahan polyetiline atau sering sekali disebut dengan jaring PE, untuk ukuran mata jaringnya yaitu 1 inci, berwarna hijau tua.


Penebaran benih budidaya ikan keramba jaring apung
Budidaya dengan teknik mensterilkan sebelum penebaran benih, baiknya benih direndam terlebih dulu dalam larutan kalium pemanganat dengan konsentrasi sekitar 4–5 ppm sekitar 15–30 menit. Jangan lupa adaptasikan terlebih dulu suhu benih pada kemasan ikan sama dengan suhu di keramba jaring apung dengan cara merendam wadah kemasan benih ke keramba jaring apung selama 1 jam.
Sebaiknya proses penebaran benih dilakukan saat pagi hari agar ikan tidak mengalami stres atau kematian akibat perbedaan suhu tersebut. Benih yang ditebar berukuran 5cm–8cm, berat sekitar 30gr–50gr dan padat tebar 50–70ekor/m3.

Pemeliharaan budidaya ikan keramba jaring apung
Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan keramba jaring apung mencapai 4 bulan untuk ikan nila dengan tingkat kelangsungan hidup sebanyak 80%. Pemberian pakan yaitu berupa pelet apung dengan dosis 3%–4% dari bobot total ikan. Frekuensi pemberiannya yaitu 3 kali 1 hari pada pagi hari, siang hari dan sore hari.

Pengelolaan panen budidaya ikan keramba jaring apung
Pemanenan ikan sudah dapat dilakukan sesuai dengan permintaan dari pasar, akan tetapi umumnya ukuran panen pada kisaran 500gram/ekor. Proses pemanenan dilaksanakan pada pagi hari atau sore hari untuk mengurangi resiko kematian ikan.

Penanganan ketika panen dilakukan dengan cara penanganan ikan hidup ataupun ikan segar. Faktor yang harus diperhatikan agar ikan tersebut sampai ke konsumen dalam keadaan hidup serta kondisinya tetap segar yaitu :
- Ketika melakukan pengangkutan pakailah air yang bersuhu rendah sekitar 20 derajat celcius.
- Sebaiknya proses pengangkutan dilakukan saat pagi hari atau sore hari.
- Untuk jumlah kepadatan ikan dalam alat sebaiknya pengangkutan jangan terlalu padat.

Jual Jaring PE Awet dan Kuat
Info selengkapnya mengenai harga Jaring PE silakan klik DISINI
Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Jaring PE untuk budidaya ikan di laut atau sungai atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui CALL/SMS pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP.
Customer service :
Telp : 031-8830487 ( Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB )
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3
Catatan:
- Minimal order 3 roll 
- Harga netto (tdk termasuk PPN) franco Surabaya
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu
- Barang tidak ready, estimasi pengerjaan sekitar 3-4 hari

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sukses Budidaya Ikan Pada Keramba Jaring PE"

Posting Komentar