HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Membuat Keramba Jaring Apung Dengan Waring Ikan

Jual Waring Ikan Harga Pabrik - Lim Corporation

Budidaya ikan memakai keramba jaring apung yaitu cara budidaya yang dapat dilakukan di laut, sungai atau di danau. Karena kondisi air yang cukup tinggi dengan kualitas air yang cukup memadai untuk melakukan pembudidaya, maka keramba menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat untuk melakukan pembudidayaan ikan.

Budidaya ikan dengan memakai metode KJA ini merupakan sebuah sarana yang bagus untuk pembudidayaan ikan yang pembuatan kerangkanya dari bambu, kayu, pipa pralon, atau dari besi dengan bentuk persegi dan diberi jaring serta pelampung supaya keramba tersebut tetap terapung. Tujuan dari pemberian kerangka serta pelampung ini untuk menahan jaring agar tetap terbuka di permukaan air.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Budidaya ikan keramba jaring apung
Saat anda melakukan pembudidaya ikan, Anda dapat melakukannya dalam beberapa media, salah satunya yaitu media keramba jaring apung. Budidaya ikan didalam keramba jaring apung bisa dikerjakan di sungai yang dalam, danau, di atas kolam terpal, sampai di laut. Membudidayakan ikan dengan metode keramba jaring apung yaitu salah satu cara pembesaran ikan yang efisien dan efektif.

Walaupun dengan lahan media yang tidak begitu luas, kita bisa melipat gandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang cukup besar. Dengan menggunakan pola tersebut memang akhirnya akan berdampak pada biaya yang tinggi akan tetapi keuntungan yang diperoleh pun pastinya lebih tinggi juga.

Baca Juga :
Bila anda mengelolanya dengan baik dan benar maka akan dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat besar juga pastinya. Peluang yang baik ini dapat membuat lapangan pekerjaan untuk warga setempat. Peralatan untuk membudidaya kerambang jaring apung. Umumnya ukuran media pembesaran ketika budidaya ikan keramba jaring apung yaitu 4x4x3 m3, dan berikut ini adalah bahan untuk pembuatan keramba jaring apung dengan ukuran 4x4x3 m3 :

- Pelampung
Terbuat dari bahan styrofoam atau drum, bentuknya silindris, jumlah pelampung minimal 8 buah per jaring.
- Tali Jangkar
Terbuat dari bahan polyetiline (PE), panjang sekitar 1,5 kali kedalaman perairan, jumlah sebanyak 5 utas per jaring, dengan diameter sekitar 0.75 inci.
- Jangkar
Jangak bisa dari bahan besi atau balok beton atau batu, berbentuk segi 4, berat minimal 40kg/buah sebanyak 5 buah per jaring.
- Waring Ikan
Untuk waring ikan ini atau sering sekali disebut dengan jaring ikan, untuk ukuran mata jaringnya yaitu 1 inci, berwarna hitam.

P1070674

Penebaran benih budidaya ikan keramba jaring apung
Budidaya dengan teknik yang mensterilkan sebelum penebaran benih, sebaiknya benih direndam  dulu dalam larutan kalium pemanganat dengan konsentrasi sekitar 4 – 5 ppm selama 15 – 30 menit. Jangan lupa adaptasikan dulu suhu benih pada kemasan ikan sama dengan suhu di keramba jaring apung dengan cara merendam wadah kemasan benih ke keramba jaring apung selama 1 jam.
Umumnya proses penebaran benih dikerjakan saat pagi hari supaya ikan tidak mengalami stres atau kematian akibat perbedaan suhu tersebut. Benih yang ditebar berukuran 5cm – 8cm, berat sekitar 30gr – 50gr dan padat tebar 50 – 70ekor/m3.

Pemeliharaan budidaya ikan keramba jaring apung
Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan keramba jaring apung mencapai waktu 4 bulan untuk ikan nila dengan tingkat kelangsungan hidup sebanyak 80%. Pemberian makan yaitu berupa pelet apung dengan dosis 3%–4% dari bobot total ikan. Frekuensi pemberiannya yaitu 3 kali 1 hari pada pagi, siang, dan sore hari.

Pengelolaan panen budidaya ikan keramba jaring apung
Pemanenan ikan bisa dikerjakan sesuai dengan permintaan dari pasar, namun umumnya ukuran panen pada kisaran 500gram/ekor. Proses pemanenan dilakukan pada pagi atau sore untuk mengurangi resiko kematian pada ikan. Penanganan ketika panen dikerjakan dengan cara penanganan ikan hidup ataupun ikan segar. Faktor yang harus diperhatikan supaya ikan tersebut sampai ke konsumen dalam keadaan hidup serta kondisinya tetap segar yaitu :

- Ketika melakukan pengangkutan pakailah air yang bersuhu rendah sekitar 20 derajat celcius.
- Sebaiknya proses pengangkutan dilakukan saat pagi hari atau sore hari.
- Untuk jumlah kepadatan ikan dalam alat sebaiknya pengangkutan jangan terlalu padat.

wring-ikan-RK-super-768x914
Jual Waring Ikan Best Quality
* Info selengkapnya mengenai harga Waring Ikan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Ikan untuk budidaya ikan anda dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service:
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan:
- Minimal order 10 roll
- harga netto (tdk termasuk PPN)
- harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Keramba Jaring Apung Dengan Waring Ikan"

Posting Komentar