HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Cara Membudidayakan Ikan Mujair Dalam Kolam Terpal

Jual Terpal Plastik Murah - Lim Corporation

Ikan mujair merupakan sejenis ikan air tawar yang umumnya dikonsumsi. Penyebaran alami ikan ini berada di perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh pak Mujair di muara sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Walaupun masih menjadi misteri, bagaimana ikan itu dapat sampai ke muara terpencil di selatan Blitar, tidak urung ikan tersebut dinamai mujair untuk mengenang sang penemu ikan tersebut. Ikan mujair ini memiliki toleransi yang besar terhadap kadar garam salinitas, sehingga dapat hidup di air payau. Jenis ikan ini mempunyai kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat namun setelah dewasa kecepatannya ini akan menurun.

Baca Juga :
    Ikan mujair sangat peridi. Ikan ini mulai berkembangbiak pada umur 3 bulan, dan setelah itu bisa berbiak setiap 1 ½ bulan sekali. Setiap kalinya, puluhan butir telur yang telah dibuahi akan dierami didalam mulut induk sang betina, yang membutuhkan waktu sekitar seminggu hingga menetas. Hingga beberapa hari setelahnya pun mulut ini tetap menjadi tempat perlindungan anak - anak ikan yang masih kecil, hingga anak - anak ini disapih induknya. Banyak sekali manfaat dari ikan ini tidak hanya itu saja ikan ini juga enak dimakan karena memiliki rasa yang gurih. Banyak sekali yang ingin membudidayakan ikan mujair ini karena permintaan pasar yang banyak. Bila anda berkeinginan untuk membudidayakan sendiri ikan mujair ini anda bisa melihat ulasan dibawah ini.

    433926_91ca5c78-d82f-4a83-9598-fd1d2b81dae3

    Cara membudidayakan ikan mujair pada kolam terpal :

    Pemilihan indukan ikan mujair
    Langka pertama pemilihan indukan anda juga harus memastikan pemilihan indukan cukup baik, sehat, produktivitas benih cukup besar dan berkualitas baik, respon ketika diberi pakan, dan mempunyai berat sekitar 100gr. Untuk menentukan induk ikan mujair betina dan jantan anda bisa melihat dari fisiknya seperti berikut ini.

    Ikan mujair betina
    – Terdapat 3 lubang pada bagian urogenetial, yaitu dubur, lubang pengeluaran telur serta lubang urine
    – Di ujung sirip ada warna kemerah - merahan pucat tak jelas
    – Untuk perut ikan betina berwarna lebih putih
    – Mempunyai dagu berwarna putih
    – Jika bagian perut diurut tak mengeluarkan cairan

    Ikan mujair jantan
    – Pada urogenetial terdapat 2 lubang yaitu anus serta lubang sperma merangkap lubang urine
    – Ujung sirip terdapat warna kemerahan terang serta jelas
    – Warna perut ikan jantan lebih gelap

    Pemijahan ikan mujair
    Sediakan kolam dengan ukuran sekitar 3 m x 4 m untuk pemijahan, isikan air dengan dalam sekitar 60 cm serta bagian dasar kolam berikan lumpur halus supaya ikan mujair lebih gampang ketika membuat sarang. Langkah berikutnya sesudah kolam siap yaitu masukan indukan dalam kolam dengan perbandingan antara jantan dan betina yaitu 3 : 2. Sesudah pembuahan selesai, telur akan dikumpulkan dan dijaga induk betina di dalam mulutnya untuk inkubasi sampai telur menetas. Sesudah sekitar 3 – 5 hari dari pembuahan telur akan menetas. Dan sesudah 2 minggu menetas maka larva ikan akan dilepas indukan supaya bisa mencari makanan sendiri.

    Persiapan kolam budidaya
    Kolam untuk budidaya ikan mujair bisa berupa kolam terpal.  Apabila lokasi sudah ditentukan, berikutnya buatlah kolam dengan ukuran 50 x 50 x 100 m2 atau disesuaikan dengan keinginan dan keperluan anda. Kemudian lapisi kolam ikan mujair dengan terpal plastik tatalah agar terlihat rapi. Apabila kolam sudah siap berikutnya laksanakan pengeringan selama 2 - 3 minggu. Kemudian laksanakan proses pengapuran dan diamkan kembali selama 4 - 5 hari.

    Iklan FP (2)

    Penebaran benih
    Bila benih dan kolam sudah siap, segera laksanakan penebaran benih ikan mujair, untuk menghasilkan ikan dengan kuantitas yang sudah ditargetkan. Ketika melaksanakan penebaran benih ikan mujair, tak ada aturan khusus mengenai kepadatan benih ikan mujair dalam kolam. Ketika proses penebaran benih ikan mujair yang paling optimal yaitu pada pagi hari atau sore hari. Dengan perawatan dan pemberian pakan yang baik, ikan mujair bisa dipanen sesudah 3 bulan. Untuk memperoleh benih berikutnya, umumnya para pembudidaya menyisakan beberapa mujair dewasa jantan dan betina sesudah pemanenan untuk pemijhan yang berikutnya.

    Pemberian pakan ikan mujair
    Ikan mujair ini tergolong jeis ikan omnivora jadi gampang ketika pemberian pakan. Umumnya benih ikan mujail akan memakan plankton ataupun hewan kecil dan ketika sudah dewasa akan memakan lumut, daun, serangga kecil, cacing, ataupun ikan kecil. Sebaiknya ketika budidaya ikan mujair tak terlalu sering memberi pakan pelet buatan pabrik karena ikan mujair jenis ikan yang sangat rakus dikhawatirkan biaya produksi akan lebih tinggi dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh. Sebab itu, sebaiknya beri pakan alami atau pakan yang berasal dari sisa rumah tangga seperti daun kangkung, kubis, atau wortel. Pemberian pelet hanya untuk pakan tambahan. Pemberian pakan ikan mujair dilaksanakan sebanyak 2 - 3 kali 1 hari yaitu pada pagi hari, siang hari, serta sore hari.

    Pergantian air kolam
    Untuk pergantian air kolam laksanakan secara teratur yaitu 2 - 3 minggu 1 kali supaya tak terjadi penumpukan sisa makanan terlalu berlebih yang bisa mengakibatkan serangan penyakit pada ikan.

    Pemanenan ikan mujair
    Ikan mujair sudah siap dipanen sekitar 4 - 5 bulan dari penebaran benih. Pemanenan ikan mujair dapat dilaksanakan dengan cara pengeringan kolam, penjaringan atau dengan cara penangkapan di dalam kolam terpal.
    banner-terpal-plastik-4

    * Info selengkapnya mengenai harga Terpal Plastik silakan klik DISINI

    Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya berbagai jenis ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

    Customer Service :
    Telp : 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
    Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
    Email : limcorporation2009@gmail.com
    Whatsapp : Admin 1 | Admin 2| Admin 3

    Catatan :
    - Minimal order 5 roll
    - Ukuran khusus minimal order 30 lembar/ukuran
    - Harga Franco Surabaya
    - Harga netto ( tidak termasuk PPN )
    - Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu - waktu

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "7 Cara Membudidayakan Ikan Mujair Dalam Kolam Terpal"

    Posting Komentar